ANALISIS PROSES BERPIKIR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA
DALAM MENYELESAIKAN SOAL
OPERASI BILANGAN
PENJUMLAHAN DI SEKOLAH
LUAR BIASA (SLB) HARAPAN IBU METRO
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
SKRIPSI
Disusun Oleh
SHINTA SHAPUTERI
NPM 13250037
FAKULTAS : TARBIYAH
PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN MATEMATIKA
![]() |
INSTITUT AGAMA
ISLAM MA’ARIF (IAIM) NU
METRO-LAMPUNG
2016
ANALISIS PROSES BERPIKIR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA
DALAM MENYELESAIKAN SOAL
OPERASI BILANGAN
PENJUMLAHAN DI SEKOLAH
LUAR BIASA (SLB) HARAPAN IBU METRO
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
ABSTRAK
Oleh :
SHINTA SHAPUTERI
13250037
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam
perkembangan dan pembangunan suatu negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan proses berpikir siswa tuna grahita kelas III dalam menyelesaikan soal operasi bilangan penjumlahan .
Penelitian ini merupakan jenis
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data
yang digunakan antara lain tes, wawancara, dan triangulasi. Subjek penelitian
adalah dua siswa tuna grahita .Dalam penelitian ini analisis data yang
dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian
ini antara lain lembar kerja siswa setelah mengerjakan maslah
pembagian dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap
subjek penelitian.
Hasil penelitian berdasarkan
indikator proses berpikir sesuai dengan tahapan Piaget. Siswa dikatakan
mengalamai diequilibrium (tidak setimbang)
ketika siswa hanya diam dan tidak melakukan apa pun ketika peneliti bertanya
tentang angka, operasi hitung yang digunakan pada masalah, menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya dari masalah,
dan hanya diam atau mengatakan “tidak tahu” ketika diberi petunjuk untuk
memperagakan masalah menggunakan benda-benda
untuk merangsang proses berpikir anak berkebutuhan khusu tunagrahita. Siswa
dikatakan mengalami asimilasi ketika siswa dengan spontan menjawab pertanyaan
dari peneliti baik benar atau salah tentang angka, operasi bilangan yang digunakan pada masalah, menyebutkan apa yang diketahui
dan ditanya dari masalah, dan memperagakan masalah dengan mainan yang anak tunagrahita sukai. Siswa dikatakan mengalami
akomodasi ketika siswa diam sesaat sebelum menjawab dengan benar pertanyaan peneliti
tentang angka, operasi hitung yang digunakan pada masalah, menyebutkan
apa yang diketahui dan ditanya, serta memperagakan dengan baik masalah dengan
alat peraga. Pada akhirnya siswa dikatakan telah mengalami equilibrium
ketika siswa dapat menjawab dengan baik pertanyaan peneliti tentang angka, operasi
hitung yang digunakan pada masalah, enyebutkan apa yang diketahui dan ditanya,
menceritakan kembali masalah dengan bahasanya sendiri,
menyelesaikan masalah dengan benar dan mengaitkannya dengan pengurangan.
Kata
kunci : proses berpikir, tuna grahita ringan, penjumlahan.
RIWAYAT HIDUP
SHINTA SHAPUTERI, dilahirkan Pada hari Jumat tanggal 13 ApriL 1994
di Jl. Kediri Dusun III No 15, RT : 004 / RW : 005 Simpang Agung, Kecamatan
Seputih Agung, Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Putri ke Empat dari empat saudara dari Bapak
suparlan dan ibu Sumarsini. (Email : shinta shaputri.12ps1.kkpi@gmail.com).
Pendidikan yang ditempuh
penulis adalah SD Negeri 1 Simpang
Agung, Kecamatan Seputih Agung, Lampung Tengah
tamat tahun 2008, pendidikan berikutnya
ditempuh di SMP Negeri 1 Simpang Agung, Kecamatan Seputih Agung, Lampung Tengah
tamat pada tahun 2010 , selanjutnya penulis melakukan pendidikan berikutnya di
SMK Negeri 3 Poncowati, Kecamatan Terbanggi Besar dan tamat pada tahun 2013.
Pada
tahun 2013 penulis terdaftar sebagai mahasiswi Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Ma’arif (IAIM NU ) NU Metro Lampung pada program studi Pendidikan Matematika
hingga Saat ini.
MOTTO
äí÷Š$# 4’n<Î) È@‹Î6y™ y7În/u‘ ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9ω»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }‘Ïd ß`|¡ômr&Î) ÇÊËÎÈ
”Serulah
(manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka
dengan cara yang baik “ (Q.S. An Nahl : 125)
PERSEMBAHAN
Dengan segenap hati yang tulus dan bahagia ku
persembahkan skripsi ini kepada :
ü
Ayahku (SUPARLAN) dan Ibuku (SUMARSINI)
tercinta. Sebagai ungkapan rasa hormat dan baktiku, terimakasih atas kasih
sayang, do’a, perhatian, dan pengorbanan yang tiada duanya. Serta perjuangan
beliau untuk membesarkan dan mendidikku dengan penuh kasih sayang agar dapat
menggapai cita-cita saya.
ü
Kakak ku yang pertama (SRI SUHARNI,S.Pd) ,
kakak saya yang ke dua (SURYONO,S.Pd) dan kakakku ke tiga (SUCI HARTATI, S.H)
Tersayang yang telah memberikan semangat dalam hidup.
ü
Bapak dan Ibu dosen yang telah memberikan
bimbingan dalam menyelesaikan skripsi ini.
ü
Sahabat –sahabatku ( ANI RAHARJO, SITI
FATIMAH, DESI ALFIAN ) yang telah menemani hari-hariku serta memberi semangat
selama dalam menempuh perkuliahan.
ü
Teman-teman Fakultas Tarbiyah, Program Studi
S1 Pendidikan Matematika angkatan 2013 yang turut memotivasi sehingga skripsi
ini terselesaikan.
ü
Almamaterku tercinta Institut Agama Islam
(IAIM NU) NU Metro Lampung.
PERNYATAAN
Yang bertanda tangan ini saya :
NAMA :
SHINTA SHAPUTERI
NPM : 13250037
FAKULTAS : TARBIYAH
PROGRAM STUDI : S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Menyatakan bahwa skripsi ini adalah
hasil pekerjaan saya sendiri dan sepanjang pengetahuan saya tidak berisi materi yang dipublikasikan
atau ditulis oleh orang lain atau telah digunakan sebagai persyaratan
menyelesaikan studi perguruan tinggi lain kecuali pada bagian-bagian tertentu
yang saya ambil sebagai acuan.
Apabila ternyata terbukti pernyataan ini tidak benar, maka seperlunya
menjadi tanggung jawab saya.
Metro,
Yang Membuat
Pernyataan
SHINTA SHAPUTERI
NPM : 13250037
KATA PENGANTAR
Dengan
nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang puji dan syukur kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita. Khususnya
penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas dalam penyusunan proposal ini dengan
judul “ANALISIS PROSES
BERFIKIR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN SOAL
OPERASI BILANGAN PENJUMLAHAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) HARAPAN IBU METRO
TAHUN PELAJARAN 2016/2017”. Walaupun dalam penulisannya masih banyak
kekurangan. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW
beserta keluarga. Sahabat dan para pengikutnya.
Dalam penulisan proposal ini penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dan
bimbingan dari bapak atau ibu dosen serta teman-teman, proposal ini terwujud
sedemikian rupa. Untuk itu, penulis menyampaikan ucpan terimakasih kepada semua
pihak yang telah membantu moril maupun material dalam penulisan proposal ini
kepada :
1.
Drs. Mispani, M.Pd.I,
selaku Rektor Institut Agama Islam Ma’arif
( IAIM ) NU Metro Lampung.
2.
Drs Muhammad Zaini, M.Pd.I, selaku wakil rektor bidang akademik.
3.
Drs .H.Subandi, M.M, selaku wakil rektor bidang Administrasi.
4.
Drs Nizarudin, M.H, selaku wakil rektor bidang Kemahasiswaan.
5.
Drs Abdul Jalil, M.Pd.I, selaku ketua Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Ma’arif (IAIM ) NU Metro Lampung.
6.
Ibu Eka Fitria Ningsih,M.Pd, selaku Ketua Program Studi
Pendidikan Matematika Institut Agama Islam
Ma’arif ( IAIM ) NU Metro Lampung.
7.
Para dosen, Staf, dan Karyawan Institut Agama Islam Ma’arif ( IAIM ) NU Metro Lampung yang telah
banyak memberi bantuan dalam urusan administrasi kepada penulis.
8.
Bapak dan ibu
dosen yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan bimbingan selama penyusun
menuntut ilmu di Institut Agama Islam
Ma’arif ( IAIM ) NU Metro Lampung.
9.
Bapak dan ibu guru, beserta karyawan SLB Harapan Ibu
Metro, yang telah memberi fasilitas dan membantu penyusun sehingga penyusun
dapat menyelesaikan proposal ini.
10.
Ayahanda dan Ibunda tercinta beserta kakak tersayang yang
selama ini telah mendo’akan dan memberi semangat pada penyusun dalam
menyelesaikan studi di Institut Agama Islam
Ma’arif ( IAIM ) NU Metro Lampung.
11.
Rekan-rekan seperjuangan yang tidak henti-hentinya
memberi motivasi kepada penulis.
Semoga amal mereka mendapat balasan dari Allah SWT serta
memberikan kebahagiaan di dunia dan
diakhirat. Penyusun menyadari bahwa proposal ini belum sempurna. Oleh karena
itu saran dan kritik yang bersifat membangun selalu kami nantikan
demi kebaikan dan kesempurnaan proposal ini. Semoga proposal ini bermanfaat
khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya.
Amien .....
Metro, 08 Desember 2016
Penulis
SHINTA SHAPUTRI
NPM
13250037
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................................ i
HALAMAN
PENGESAHAN......................................................................... ii
KATA PENGANTAR..................................................................................... iii
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Penegasan Judul................................................................................ 1
B. Alasan Memilih Judul
...................................................................... 3
C. Latar Belakang
Masalah.................................................................... 3
D. Identifikasi Masalah....................................................................... .. 4
E. Pembatasan Masalah......................................................................... 5
F. Rumusan Masalah............................................................................. 5
G. Tujuan Penelitian............................................................................... 5
H. Manfaat Penelitian............................................................................ 6
I. Ruang Lingkup
Penelitian................................................................. 7
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.
Pembelajaran Matematika................................................................. 8
1.
Pengertian Pembelajaran Matemateka......................................... 8
2.
Tujuan Pembelajaran Matematika bagi Tunagrahita.................... 11
3.
Materi Pembelajaran Matematika Siswa Tunagrahita................. 12
4.
Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Dalam Materi
Pembelajaran Matematika Siswa Tunagrahita............................. 13
B. Proses Berfikir................................................................................... 15
1.
Pengertian berfikir....................................................................... 17
2.
Proses Berfikir Berdasarkan
Asimilasi dan
Akomodasi Pieget....................................................................... 17
3.
Karakteristik Proses Berfikir
Berdasarkan
Kerangka Asimilasi
dan Akomodasi........................................... 22
C. Anak Berkebutuhan
Khusus (ABK)................................................. 23
a. Pengertian Anak
Berkebutuhan Khusus............................... 23
b. Klasifikasi Anak
Berkebutuhan Khusu................................. 24
D. Tunagrahita........................................................................................ 24
1. Pengertian
tunagrahita................................................................. 24
2. Karakteristik
Tunagrahita............................................................ 25
3. Penyebab Tunagrahita.................................................................
4. Klasifikasi
Tunagrahita.............................................................
5. Kemampuan Belajar
matematika Tunagrahita............................. 26
6. Prinsip Dasar
Pembelajaran Matematika
Siswa Tunagrahita....................................................................... 27
E. Hakikat Operasi
Hitung Penjumlahan dan Menyelesaikan
Soal Dalam Operasi
Hitung Untuk Siswa Tunagrahita..................... 29
1.
Hakikat Operasi Hitung
Penjumlahan......................................... 29
2.
Menyelesaikan Soal Materi
Operasi Hitung
Penjumlahan untuk
Siswa Tunagrahita....................................... 31
F.
Kerangka Berfikir............................................................................. 33
BAB III METODE PENELITIAN
A. Rancangan Penelitian........................................................................ 34
B. Tempat dan Waktu
Penelitian........................................................... 35
C. Jenis Penelitian............................................................................... .. 35
D. Subjek Penelitian
dan Teknik Sampling......................................... .. 36
E. Data dan sumber data..................................................................... .. 37
1. Data Primer................................................................................. 37
2. Data Skunder.............................................................................. 37
F. Teknik Pengumpulan
Data................................................................ 38
1. Teknik tes.................................................................................... 38
2. Teknik Observasi......................................................................... 38
3. Teknik Wawancara...................................................................... 39
4. Teknik Dokumentasi................................................................... 39
5. Teknik Triangulasi....................................................................... 40
G. Instrumen Penelitian......................................................................... 41
1. Pedoman Tes............................................................................... 42
2. Pedoman Wawancara.................................................................. 42
3. Pedoman Observasi..................................................................... 43
4. Pedoman Dokumentasi............................................................... 43
5. Alat Pendukung.......................................................................... 43
H. Validitas Data................................................................................... 44
I. Teknik Analisis Data
........................................................................ 46
1. Analisis Deskritif
Kualitatif........................................................ 46
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Assalamu'alaikum... Bisa saya minta file skripsinya Kak? Kebetulan masalah yang diangkat sama... Untuk tambahan referensi
BalasHapus