Jumat, 24 Februari 2017

SKRIPSI OPERASI bilangan PENJUMLAHAN



ANALISIS PROSES BERPIKIR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN SOAL
OPERASI BILANGAN  PENJUMLAHAN DI SEKOLAH
LUAR BIASA (SLB) HARAPAN IBU METRO
TAHUN  PELAJARAN 2016-2017


SKRIPSI


Disusun Oleh

SHINTA SHAPUTERI
NPM 13250037


FAKULTAS : TARBIYAH
PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN MATEMATIKA


IAIM NU BARU 1
 











INSTITUT AGAMA ISLAM MA’ARIF (IAIM) NU
METRO-LAMPUNG
2016
ANALISIS PROSES BERPIKIR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN SOAL
OPERASI BILANGAN  PENJUMLAHAN DI SEKOLAH
LUAR BIASA (SLB) HARAPAN IBU METRO
TAHUN  PELAJARAN 2016-2017

ABSTRAK

Oleh :
SHINTA SHAPUTERI
13250037

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan dan pembangunan suatu negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa tuna grahita kelas III dalam  menyelesaikan soal operasi bilangan penjumlahan .
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, wawancara, dan triangulasi. Subjek penelitian adalah dua siswa tuna grahita .Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar kerja siswa setelah mengerjakan maslah pembagian dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian.
Hasil penelitian berdasarkan indikator proses berpikir sesuai dengan tahapan Piaget. Siswa dikatakan mengalamai diequilibrium (tidak setimbang) ketika siswa hanya diam dan tidak melakukan apa pun ketika peneliti bertanya tentang angka, operasi hitung yang digunakan pada masalah, menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya dari masalah, dan hanya diam atau mengatakan “tidak tahu” ketika diberi petunjuk untuk memperagakan masalah menggunakan benda-benda untuk merangsang proses berpikir anak berkebutuhan khusu tunagrahita. Siswa dikatakan mengalami asimilasi ketika siswa dengan spontan menjawab pertanyaan dari peneliti baik benar atau salah tentang angka, operasi bilangan yang digunakan pada masalah, menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya dari masalah, dan  memperagakan  masalah dengan mainan yang anak tunagrahita sukai. Siswa dikatakan mengalami akomodasi ketika siswa diam sesaat sebelum  menjawab dengan benar pertanyaan peneliti tentang angka, operasi hitung yang digunakan pada masalah, menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya, serta memperagakan dengan baik masalah dengan alat peraga. Pada akhirnya siswa dikatakan telah mengalami equilibrium ketika siswa dapat menjawab dengan baik pertanyaan peneliti tentang angka, operasi hitung yang digunakan pada masalah, enyebutkan apa yang diketahui dan ditanya, menceritakan kembali masalah dengan bahasanya sendiri, menyelesaikan masalah dengan benar dan mengaitkannya dengan pengurangan.

Kata kunci : proses berpikir, tuna grahita ringan, penjumlahan.




















RIWAYAT HIDUP

            SHINTA SHAPUTERI, dilahirkan Pada hari Jumat tanggal 13 ApriL 1994 di Jl. Kediri Dusun III No 15, RT : 004 / RW : 005 Simpang Agung, Kecamatan Seputih Agung, Lampung Tengah, Provinsi Lampung.  Putri ke Empat dari empat saudara dari Bapak suparlan dan ibu Sumarsini. (Email : shinta shaputri.12ps1.kkpi@gmail.com).
            Pendidikan yang ditempuh penulis adalah  SD Negeri 1 Simpang Agung, Kecamatan Seputih Agung, Lampung Tengah  tamat tahun  2008, pendidikan berikutnya ditempuh di SMP Negeri 1 Simpang Agung, Kecamatan Seputih Agung, Lampung Tengah tamat pada tahun 2010 , selanjutnya penulis melakukan pendidikan berikutnya di SMK  Negeri 3 Poncowati, Kecamatan  Terbanggi Besar dan tamat pada tahun 2013.
            Pada tahun 2013 penulis terdaftar sebagai mahasiswi Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Ma’arif  (IAIM NU ) NU Metro Lampung  pada program studi Pendidikan Matematika hingga Saat  ini.









 

MOTTO

äí÷Š$# 4n<Î) È@Î6y y7În/u ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9Ï»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }Ïd ß`|¡ômr&Î) ÇÊËÎÈ  
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan  hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik “ (Q.S. An Nahl : 125)




















PERSEMBAHAN

Dengan segenap hati yang tulus dan bahagia ku persembahkan skripsi ini kepada :
ü  Ayahku (SUPARLAN) dan Ibuku (SUMARSINI) tercinta. Sebagai ungkapan rasa hormat dan baktiku, terimakasih atas kasih sayang, do’a, perhatian, dan pengorbanan yang tiada duanya. Serta perjuangan beliau untuk membesarkan dan mendidikku dengan penuh kasih sayang agar dapat menggapai cita-cita saya.
ü  Kakak ku yang pertama (SRI SUHARNI,S.Pd) , kakak saya yang ke dua (SURYONO,S.Pd) dan kakakku ke tiga (SUCI HARTATI, S.H) Tersayang yang telah memberikan semangat dalam hidup.
ü  Bapak dan Ibu dosen yang telah memberikan bimbingan dalam menyelesaikan skripsi ini.
ü  Sahabat –sahabatku ( ANI RAHARJO, SITI FATIMAH, DESI ALFIAN ) yang telah menemani hari-hariku serta memberi semangat selama dalam menempuh perkuliahan.
ü  Teman-teman Fakultas Tarbiyah, Program Studi S1 Pendidikan Matematika angkatan 2013 yang turut memotivasi sehingga skripsi ini terselesaikan.
ü  Almamaterku tercinta Institut Agama Islam (IAIM NU) NU Metro Lampung. 









PERNYATAAN

Yang bertanda tangan ini saya :

NAMA                        :           SHINTA SHAPUTERI
NPM                           :           13250037
FAKULTAS               :           TARBIYAH
PROGRAM STUDI   :           S1 PENDIDIKAN  MATEMATIKA

Menyatakan bahwa skripsi ini adalah  hasil pekerjaan saya sendiri dan sepanjang pengetahuan  saya tidak berisi materi yang dipublikasikan atau ditulis oleh orang lain atau telah digunakan sebagai persyaratan menyelesaikan studi perguruan tinggi lain kecuali pada bagian-bagian  tertentu  yang saya ambil sebagai acuan.
Apabila ternyata terbukti pernyataan ini tidak benar, maka seperlunya menjadi tanggung jawab saya.

Metro,    
Yang Membuat Pernyataan




SHINTA SHAPUTERI
NPM : 13250037







KATA PENGANTAR

 Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita. Khususnya penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas dalam penyusunan proposal ini dengan judul “ANALISIS PROSES BERFIKIR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BILANGAN PENJUMLAHAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) HARAPAN IBU METRO TAHUN PELAJARAN 2016/2017”. Walaupun dalam penulisannya masih banyak kekurangan. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga. Sahabat dan para pengikutnya.
Dalam penulisan proposal ini penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dan bimbingan dari bapak atau ibu dosen serta teman-teman, proposal ini terwujud sedemikian rupa. Untuk itu, penulis menyampaikan ucpan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu moril maupun material dalam penulisan proposal ini kepada :
1.      Drs. Mispani, M.Pd.I, selaku Rektor Institut Agama Islam  Ma’arif ( IAIM ) NU Metro Lampung.
2.      Drs Muhammad Zaini, M.Pd.I,  selaku wakil rektor bidang akademik.
3.      Drs .H.Subandi, M.M,  selaku wakil rektor bidang Administrasi.
4.      Drs Nizarudin, M.H,  selaku wakil rektor bidang Kemahasiswaan.
5.      Drs Abdul Jalil, M.Pd.I,  selaku ketua Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam  Ma’arif (IAIM ) NU Metro Lampung.
6.      Ibu Eka Fitria Ningsih,M.Pd, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Institut Agama Islam  Ma’arif ( IAIM ) NU Metro Lampung.
7.      Para dosen, Staf, dan Karyawan Institut Agama Islam  Ma’arif ( IAIM ) NU Metro Lampung yang telah banyak memberi bantuan dalam urusan administrasi kepada penulis.
8.      Bapak dan  ibu dosen yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan bimbingan selama penyusun menuntut ilmu di Institut Agama Islam  Ma’arif  ( IAIM ) NU Metro Lampung.
9.      Bapak dan ibu guru, beserta karyawan SLB Harapan Ibu Metro, yang telah memberi fasilitas dan membantu penyusun sehingga penyusun dapat menyelesaikan proposal ini.
10.  Ayahanda dan Ibunda tercinta beserta kakak tersayang yang selama ini telah mendo’akan dan memberi semangat pada penyusun dalam menyelesaikan studi di Institut Agama Islam  Ma’arif ( IAIM ) NU Metro Lampung.
11.  Rekan-rekan seperjuangan yang tidak henti-hentinya memberi motivasi kepada penulis.

Semoga amal mereka mendapat balasan dari Allah SWT serta memberikan  kebahagiaan di dunia dan diakhirat. Penyusun menyadari bahwa proposal ini belum sempurna. Oleh karena itu saran dan  kritik  yang bersifat membangun selalu kami nantikan demi kebaikan dan kesempurnaan proposal ini. Semoga proposal ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya.
Amien .....

Metro,  08  Desember  2016
Penulis





SHINTA SHAPUTRI
NPM 13250037





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN......................................................................... ii
KATA PENGANTAR..................................................................................... iii
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN
A.    Penegasan Judul................................................................................ 1
B.     Alasan Memilih Judul ...................................................................... 3
C.     Latar Belakang Masalah.................................................................... 3
D.    Identifikasi Masalah....................................................................... .. 4
E.     Pembatasan Masalah......................................................................... 5
F.      Rumusan Masalah............................................................................. 5
G.    Tujuan Penelitian............................................................................... 5
H.    Manfaat Penelitian............................................................................ 6
I.       Ruang Lingkup Penelitian................................................................. 7
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.    Pembelajaran Matematika................................................................. 8
1.      Pengertian Pembelajaran Matemateka......................................... 8
2.      Tujuan Pembelajaran Matematika bagi Tunagrahita.................... 11
3.      Materi Pembelajaran Matematika Siswa Tunagrahita................. 12
4.      Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Dalam Materi
Pembelajaran Matematika Siswa Tunagrahita............................. 13
B.    Proses Berfikir................................................................................... 15
1.      Pengertian berfikir....................................................................... 17
2.      Proses Berfikir Berdasarkan Asimilasi dan
Akomodasi Pieget....................................................................... 17
3.      Karakteristik Proses Berfikir Berdasarkan
Kerangka Asimilasi dan Akomodasi........................................... 22
C.    Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)................................................. 23
a.       Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus............................... 23
b.      Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusu................................. 24
D.    Tunagrahita........................................................................................ 24
1.      Pengertian tunagrahita................................................................. 24
2.      Karakteristik Tunagrahita............................................................ 25
3.      Penyebab Tunagrahita.................................................................
4.      Klasifikasi Tunagrahita.............................................................
5.      Kemampuan Belajar matematika Tunagrahita............................. 26
6.      Prinsip Dasar Pembelajaran Matematika
Siswa Tunagrahita....................................................................... 27
E.     Hakikat Operasi Hitung Penjumlahan dan Menyelesaikan
Soal Dalam Operasi Hitung Untuk Siswa Tunagrahita..................... 29
1.      Hakikat Operasi Hitung Penjumlahan......................................... 29
2.      Menyelesaikan Soal Materi Operasi Hitung
Penjumlahan untuk Siswa Tunagrahita....................................... 31
F.      Kerangka Berfikir............................................................................. 33
BAB III METODE PENELITIAN
A.    Rancangan Penelitian........................................................................ 34
B.     Tempat dan Waktu Penelitian........................................................... 35
C.     Jenis Penelitian............................................................................... .. 35
D.    Subjek Penelitian dan Teknik Sampling......................................... .. 36
E.     Data dan sumber data..................................................................... .. 37
1.      Data Primer................................................................................. 37
2.      Data Skunder.............................................................................. 37
F.      Teknik Pengumpulan Data................................................................ 38
1.      Teknik tes.................................................................................... 38
2.      Teknik Observasi......................................................................... 38
3.      Teknik Wawancara...................................................................... 39
4.      Teknik Dokumentasi................................................................... 39
5.      Teknik Triangulasi....................................................................... 40
G.    Instrumen Penelitian......................................................................... 41
1.      Pedoman Tes............................................................................... 42
2.      Pedoman Wawancara.................................................................. 42
3.      Pedoman Observasi..................................................................... 43
4.      Pedoman Dokumentasi............................................................... 43
5.      Alat Pendukung.......................................................................... 43
H.    Validitas Data................................................................................... 44
I.       Teknik Analisis Data ........................................................................ 46
1.      Analisis Deskritif Kualitatif........................................................ 46
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum... Bisa saya minta file skripsinya Kak? Kebetulan masalah yang diangkat sama... Untuk tambahan referensi

    BalasHapus